Metoda resistivitas adalah salah satu metoda geolistrik yang mempelajari sifat resistivitas/kondutivitas listrik dari lapisan batuan di dalam bumi. Sebetulnya terdapat banyak metoda eksplorasi geofisika yang mempergunakan sifat tahanan jenis sebagai media/alat untuk mempelajari keadaan geologi bawah permukaan (Lantu, 2010).

Berdasarkan pada tujuan penyelidikan metoda geolistrik tahanan jenis dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu (Lantu, 2010) :

1. Metoda Resistivitas Mapping
Metoda resistivitas Mapping merupakan metoda resistivitas yang bertujuan untuk mempelajarai variasi tahanan jenis lapisan bawah permukaan secara horisontal. Oleh karena itu, pada metoda ini dipergunakan konfigurasi elektroda yang sama untuk semua titik pengamatan di permukaan bumi. Setelah itu baru dibuat kontur isoresistivitasnya (Hendrajaya, 1990).

2. Metoda Resistivitas Sounding
Metoda resisitivitas Sounding juga biasa dikenal sebagai resistivitas drilling, resistivitas probing dan lain-lain. Hal ini terjadi karena pada metode ini bertujuan untuk mempelajari variasi resisitivitas batuan di bawah permukaan bumi secara vertikal (Hendrajaya, 1990). Pada metode ini, pengukuran pada suatu titik Sounding dilakukan dengan jalan megubah-ubah jarak elektroda. Pengubahan jarak elektroda ini tidak dilakukan secara sembarang tetapi mulai dari jarak elektroda terkecil kemudian membesar secara gradual.

Jarak elektroda ini sebanding dengan kedalaman lapisan batuan yang terdeteksi. Makin besar jarak elektroda tersebut maka makin dalam lapisan batuan yang dapat diselidiki pada pengukuran sebenarnya pembesaran jarak elektroda mungkin dilakukan jika dipunyai suatu alat golistrik yang memadai. Dalam hal ini, alat geolistrik tersebut harus dapat menghasilkan arus listrik yang cukup besar atau kalau tidak, alat tersebut harus cukup sensitif dalam mendeteksi beda potensial yang kecil sekali. Oleh karena itu, alat geolistrik yang baik adalah alat yang dapat menghasilkan arus listrik cukup besar dan mempunyai sensitifitas yang cukup tinggi (Hendrajaya, 1990).

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments