Permeabilitas (K) adalah kemampuan dari batuan untuk meneruskan/meloloskan fluida. Fluida akan mengalir melalui suatu daerah batuan berpori di bawah gradient tekanan tertentu. Permeabiitas berhubungan dengan posrositas tapi tidak bergantung padanya. Permeablitas sangat tergantung pada ukuran butir batuan sedangkan porositas tidak. Sedimen butiran besar dengan pori-pori besar mempunyai permeablitas yang tinggi, sedangkan batuan berbutir halus dengan pori-pori kecil dan alur yang berliku-liku mempunyai permeablitas rendah.

Permeabilitas diukur dengan satuan darcy atau milidarcy dan di simbolkan dengan K.


Kemampuan formasi untuk mengalirkan satu fluida tunggal disebut absolute permeability atau permeabilitas mutlak. Sementara itu, ketika formasi mengalirkan satu fluida pada presentase tertentu dengan adanya fluida lain saat kedua fluida tersebut tidak bercampur disebut effective permeability atau permeabilitas efektif.

Permeabilitas relatif adalah rasio antara permeabilitas efektif fluida pada saat sebagian tersaturasi dan permeabilitas pada saat saturasi 100% (permeabilitas mutlak). Bila permeabilitas relatif air formasi adalah nol, formasi tersebut menghasilkan hidrokarbon bebas air (permeabilitas relatif terhadap hidrokarbon adalah 100%). Dengan meningkatnya permeabilitas relatif terhadap air, formasi tersebut menghasilkan jumlah air yang juga relatif meningkat terhadap hidrokarbon.

Perhitungan Permeabilitas

Secara umum persamaan untuk menghitung porositas adalah:

K = a (Phi^b)/(Swi^c)

Dimana:
K : Permebailitas
a,b,c  : Kostanta
Swi : Saturasi air irreducible

Besar kostanta tergantung dari persamaan yang akan kita gunakan. Ada beberapa persamaan untuk menghitung permeabilitas yaitu Timur, Morris Biggs Oil, Morris Biggs Gas, dan Schlumberger Chart K3. Silahkan pelajari batasan dan kelebihan dari setiap metode dan jangan lupa jika tersedia data core untuk mengkalibrasi hasil perhitungan setiap metode tersebut dengan data core permeabilitas.

Referensi:
Adi Harsono, Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log, Edisi 8 tahun 1997.
Buku Basic Well Log Analisis Edisi kedua oleh George Asquith 

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments