Saturasi air atau kejenuhan air merupakan jumlah dari volume pori dalam sebuah batuan yang terisi air. Dinyatakan sebagai bilangan desimal atau dalam persen dan disimbolkan dengan Sw. Sedangkan bagian yang berisi minyak atau gas disebut kejenuhan hidrokarbon (Sh).


Sw= Air fromasi yang mengisi pori / total pori dalam batuan

Dengan mengetahui jumlah saturasi air maka akan diketahui juga saturasi hidrokarbonnya. Meskipun saturasi hidrokarbon adalah nilai yang dicari, namun biasanya kita harus tahu jumlah Swnya terlebih dahulu. Sehingga kebanyakan evaluasi log yang dicari adalah zona air. Selain itu juga karena kejenuhan air biasanya digunakan langsung dalam perhitungan seperti persamaan Archie. Saturasi hidrokarbon secara sederhana biasanya ditentukan oleh perbedaan antara:

Sh= 1-Sw

Irreducible Saturation Water (Sw irr)

Asumsi umumnya adalah bahwa reservoir mula-mula terisi air dan selang masa perubahan geologi, minyak atau gas yang terbentuk di tempat lain pindah ke formasi berpori, menggantikan air yang ada pada formasi tersebut. Akan tetapi, hidrokarbon tidak dapat menggantikan semua air yang ada. Fenomena tersebut dinamakan dengan Swirr (Irreducible Saturation Water).

Jika kondisi reservoir atau formasi adalah 100% air, maka Sw irreducible sama dengan Sw. Namun jika kondisinya tidak 100% air maka Swirr tidak sama dengan Sw. Swirr ini selanjutnya digunakan untuk menghitung permeabilitas batuan.

Macam-Macam Metode Perhitungan Saturasi Air

Untuk menghitung Sw, kita terlebih dahulu harus tahu kondisi reservoir yang kita kerjakan. Apakah reservoir tersebut murni 100% sand, shaly sand (sand yang ada shalenya), shale, sandy, atau karbonat. Karena setiap metode mempunyai batasan tertentu. Sebagai contoh jika kondisi 100% sand bisa menggunakan archie, shaly bisa menggunakan persamaan indonesia atau simandoux. Jika datanya lengkap termasuk data CEC (cation exchange capacity) bisa menggunakan dual water atau waxman-smith. Silahkan kamu pelajari batasan dan keunggulan pada setiap metode tersebut.

Jika kamu menghitung saturasi air menggunakan aplikasi interactive petrophysics jangan lupa untuk mengkalibrasinya dengan cara mencari nilai resistivitas air.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments